Tol Cisumdawu, Paling Rumit Membangun Persimpangan di Kawasan Cileunyi

Ilustrasi Proyek Tol Cisumdawu

Ilustrasi Proyek Tol Cisumdawu

POJOKBANDUNG.com- PEMERINTAH segera membangun jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), yang menghubungkan Kota Bandung dengan Bandara internasional Kertajati di Majalengka.

Tol sepanjang 61,6 km itu merupakan proyek strategis nasional. Pembangunannya ditargetkan rampung dalam tempo dua tahun, atau akhir 2019.

BACA JUGA:

Proyek Tol Cisumdawu Berlanjut, Kemen PU Minta Perubahan Trase

Terowongan Tol Cisumdawu Dikalim Terpanjang di Indonesia

“Seksi I dari Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer akan dimulai konstruksinya pada awal 2018,” terang Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto.

Untuk pembangunan seksi I tersebut, pemerintah mengajukan pinjaman kepada pemerintah Tiongkok senilai Rp 2,2 triliun.

Terkendala Sengketa Pembebasan Lahan, Pembangunan Tol Cisumdawu Terkatung-Katung

Sementara, Seksi II sepanjang 17,5 km juga didanai pemerintah Tiongkok dengan nilai pinjaman Rp 4,4 triliun. Selebihnya, seksi III-VI didanai oleh investor Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol. Nilai investasinya mencapai Rp 8,4 triliun.

Arie menuturkan, saat ini pembangunan tol bisa dilakukan dengan cepat karena sudah menggunakan teknologi. “Pekerjaan akan dilakukan dengan cepat namun sesuai standar. Keamanan dan keselamatan harus sangat diperhatikan,” lanjutnya.

Yang terpenting, dikatakannya, pembebasan lahan bisa segera dirampungkan. Untuk seksi I misalnya, selesainya pembebasan lahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membat progres pembebasan lahan mencapai 60 persen.

“Seksi I lahannya lebih sulit dibebaskan karena daerah itu masuk kawasan perkotaan,” tuturnya. Berbeda dengan seksi II yang konstruksinya bahkan sudah selesai sebagian.

Pada tahap konstruksi tersebut, yang paling rumit adalah membangun persimpangan di kawasan Cileunyi, mengingat desainnya cukup rumit. Karena itu, pihaknya akan berkaca dari pembangunan simpang susun semanggi dalam membangun persimpangan tersebut.

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …